Rabu, 01 Februari 2012

------PERBEDAAN AC DAN DC------

ya ini dia salah satu bidang fisika yang ica suka, yaitu tentang listrik!
okeh frennn, disini ica mau jelasin tentang perbedaan antara AC dan DC.
temen temen mungkin sering denger kata kata AC DC. tapi mungkin ga semua temen tau apa itu AC dan DC.
yuu kita bahas.

1.AC

AC adalah kepanjangan dari alternative current.
arus AC biasanya disebut arus bolak balik. arus AC itu ga punya kutub positif atu pun kutub negative.
biasanya arus AC itu dipake buat tegangan listrik PLN.
kalo misalkan di rumah kita pengen dapet listrik AC, kita bisa dapetin dari stop kontak.
arus AC bisa dirubah ke DC, yaitu dengan memakai adaptor atau kadang disebut power supply juga. pada sumber tegangan AC suatu waktu akan ada yang lebih negatif atau lebih positif, tapi pada satu perdetik yang lainnya itu berosilasi, selalu berubah, jadi ada yang lebih positif tau negatif. (gerakan elektronnya selalu berubah).

2.DC

DC adalah kepanjangan Dirrect current.
arus DC itu arus yang searah. DC itu punya kutub positif dan kutub negatif (potensialnya ada yang lebih tinggi dan tentunya yang lebih tinggi itu di kutub positif dan yang lebih rendah di kutub negatif). Arusnya  berawal dari kutub postif dan berakhir dikutub negatif.
contoh arus DC misalnya batrei handphone, batrei laptop, accu mobil, dll.
kalo pengubahan dari DC ke AC yaitu dengan memakai power inverter.
kalo di tes di osiloskop, biasanya grafik AC itu sinusoidal, itu karena adanya muatan yang beosilasi tadi.
kalo grafik dari DC biasanya lurussssss aja (kalo dari DC murni, kaya baterai), tapi kalo DC dari power supply biasanya ada ripple atau riaknya.

ya mungkin cuma segini dulu yang bisa aku jelasin.
correct me if i'm wrong okok :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar